Bagi pasangan muda yang baru saja menikah memiliki rumah mungil adalah idaman yang harus segera di realisasikan.

Namun gak jarang mereka bingung untuk menentukan pilihan, dan rata2 para ibu muda menginginkan sosok rumah yang mungil, simple dan tentunya beda!.

Lalu langkah apa aja yang harus kita tempuh.Gambar

Untuk lebih simpelnya mulailah dengan membuat daftar ruangan yang dibutuhkan berikut luas yang diinginkan. Mulai dengan ruangan yang utama terlebih dahulu seperti kamar tidur, kamar mandi, ruang tamu dan seterusnya. Kemudian hitung luas masing-masing ruangan, lalu susun posisi ruangannya.

Yang harus di ingat adalah, pastikan masih cukup banyak area untuk sirkulasi udara dan ruang gerak penghuni hal ini berkaitan dalam segi kenyamanan penghuni. Sebaiknya posisi ruangan yang basah, seperti dapur, kamar mandi, tempat mencuci, dibuat secara berdekatan atau berada dalam satu jalur untuk memudahkan pemasangan instalasi air bersih dan air kotor. Upayakan buangan air kotor ke septic tank lurus tanpa berbelok.

Manfaatkan beberapa ruang yang harusnya hanya berfungsi tunggal menjadi multifungsi sehingga kita tidak memerlukan begitu banyak ruang tambahan untuk masing-masing aktivitas, hal ini berkaitan dengan meminimalisasi ruangan2 yang tentunya akan menambah banyak biaya.

semisal, ruang tamu bisa kita manfaatkan menjadi ruang baca atau bahkan menjadi ruang bersantai keluarga. Atau kita bisa menggabungkan ruang belajar anak dengan ruangan kerja kita agar tercipta kedekatan antar anggota keluarga.

Demikianlah sekilas tentang rumah mungil idaman, mudah2an dapat memberikan gambaran yang manfaat bagi semua.