Kang Opik sudah membahas terlebih dulu dengan bahasan dan dasar-dasarsuzuki_logo-249x300 keilmuan yang mumpuni tentunya. Nah sekarang giliran orang kampung juga ingin melihat seperti apa sih gejolak yang terjadi di Pabrikan ini. Paling tidak saringan ini saya dapat dari beberapa pedagang kaki lima disekitar tempat tinggalku dan masyarakat sekitar yang dirumahnya nongkrong motor suzuki. Berupa keluhan ataupun dukungan yang tentunya berkaitan dengan sepak terjang pabrikan Suzuki di indonesia.

1517587pSeperti yang telah di beritakan bahwa pabrikan suzuki pada semester pertama sampai dengan bulan april 2009 juga mengalami kerugian, namun hal itu tidak mengurungkan niat suzuki untuk menambah kapasitas produksi sebesar 40% pada tahun 2010 sebesar 720. 000 uit. hal ini didukung oleh besarnya dana invest yang digelontorkan sebesar US$ 50 juta.

Menariknya disini suzuki mencoba keberuntungannya melalui sektor Matic 1437183pyang saat ini masih dikuasai oleh produk kompetitor Yamaha dengan Yamaha Mio nya. Setelah honda mencoba menggoyahkan singgasana dengan Suteknonya, kini Suzuki mencoba dengan menaikkan jumlah produksi sampai dengan 50%. Hal ini dipertegas oleh Presdir SIM Yoshiji Terada, yang menerangkan bahwa matic suzuki akan meningkat produksinya sebesar 50% menjadi 300.000 dari 200.000, pada tahun 2010 nanti.

Hal ini tentu mengundang banyak reaksi dari konsumen, dalam hal ini segmen matic. Mereka akan lebih dimanjakan lagi dengan hadirnya varian-varian baru mengisi pasar lokal motor pada segmen ini. klo menurut penerawangan yang awam ini mungkinkah suzuki menyasar produk matic untuk menutup kerugian sepanjang tahun 2009 ini. Setidaknya angin segar masih dimiliki suzuki pada segmen ini, tidak bisa dipungkiri peminat atau simpatisan merek ini masih cukup banyak.

suzuki-skydrive-2Satu lagi yang perlu mendapat apresiasi adalah keberanian suzuki yang juga telah menyiapkan senjata baru di tahun 2010 nanti. Seperti tidak mau kalah dengan kompetitor yang lebih dulu menghembuskan angin syurga dengan spyshotnya di mana-mana kini suzuki tengah mempersiapkannya dengan baik. Namun apakah ini mampu meningkatkan penjualan suzuki, paling tidak untuk share market sebesar 15 % atau meningkat 7 % dari tahun ini. kita lihat aja, mudah-mudahan hal ini menjadikan persaingan makin ketat dan menuntut para produsen R2 untuk bekerja ekstra untuk menghasilkan produk-produk berkualitas.

Produk baru sudah ada, penambahan matic juga sudah bisa dipastikan bakalsuzuki-ciseeng-225x300 mencapai 50% produksi. sekarang bagaimana dengan pelayanan after salesnya. Tidak bisa dipungkiri pelayanan 3 S ini sangat berkaitan erat dengan prospek share market suzuki, selama ini pelayanan adalah keluhan palinh umum yang saya dengar dari pengguna suzuki. kurangnya bengkel resmi dan mahalnya spare part mejadi alasan utama kurangnya peminat buat suzuki. saatnya invest yang US$ 50 juta itu disisihkan sebagian untuk membangun bengkel resmi demi peningkatan after sales produk-produk suzuki. dijamin hal ini akan menjadi pertimbangan pula bagi konsumen-konsumen baru untuk melirik motor suzuki.

Yah kalo aku sih melihatnya sesuatu yang mungkin, itu dari sudut pandang yang awam ini. sejauh yang saya lihat suzuki mempunyai peminat tersendiri yang boleh dibilang loyal banget dari tahun-ketahun, mungkin juga hal ini disebabkan karena konsumen suzuki ya itu-itu aja orangnya.

Nah kira-kira menurut bro-bro semua apakah ambisi suzuki di tahun 2010 nanti dapat terlaksana atau hanya sekedar isapan jempol belaka. Mari kita rame2 oot belajar menerawang dan sedikit buka suara akan fenomena ini.