Yang terakhir ini ibaratnya adalah mimpi yang tertunda… motor sport dengan kapasitas mesin ¼ liter ini yang akhirnya dapat aku sarangkan di garasi rumah yang udah reot ini.munkin inijua akan menjadi montor termahal yang berhasil aku sarangkan di garasi (pinginya sih ada ZX600, R6 atau R1dan ZX100 syukur2 hayabusyet)tapi kembali kemasalah tangan yang tak sampai, tapi mari kita bermimpi selama mimpi itu masih digratiskan…
Spesifikasi Mesin…
Mungkin ini udah gak aneh lagi, tapi gakada salahnya aku tulis niar artikelnya keliatan banyak….
Model: Kawasaki Ninja 250 R
Year: 2007
Category: Sport
Rating: 74.6 out of 100.
Engine type: Twin Stroke: 4 Compression: 12.4:1
Bore x stroke: 62.0 x 41.2 mm (2.4 x 1.6 inches)
Fuel system: Carburettor. Keihin CVK30 x 2
Valves per cylinder: 4
Fuel control: DOHC
Ignition: Electronic CDI
Starter: Electric
Cooling system: Liquid
Gearbox: 6-speed
Dry weight: 137.9 kg (304.0 pounds)
Seat height: 744 mm (29.3 inches)
Overall height: 1,095 mm (43.1 inches)
Overall width: 711 mm (28.0 inches)
Ground clearance: 155 mm (6.1 inches)
Wheelbase: 1,400 mm (55.1 inches)
Chassis and dimensions Frame type: Tubular diamond design
Rake (fork angle): 27.0°
Front suspension: Hydraulic telescopic fork
Rear suspension: UNI-TRAK
Judulnya kan kesan jadi yah gak jauh jauh dari kilikan Asa, rasa dan karsa….
Sport Tulen…
Bolehlah klo dilihat dari fairing yang membalut tubuh N250 ini, namun bagi aku sendiri sport nanggung kenapa. karena posisi stang masih sangat tinggi ada perasaan was-was saat nganbil ancer2 nikung sambil rebahan, secara teknik rebahanku teknik kampung tea yang asal miring gak ada seninya jadi mesti mumpuni mongtornya (lho kok nyalahin mongtor padahal gak bias belok sambil miring heheheh
). Berkali-kali aku coba mencari kepenjuru kota untuk memasang stang under yoke, namun jawabannya tetap sama dari setiap bengkel dan toko accesoris, “mustahil mas lha mongtor ini didesign stangnya di atas kok mau dirobah. Klo mau dirombak ya semuanya…” jawabku “ogah mahallllll…..”
Jadi yah sah-sah saja yang mau nyebut sport tulen tapi tidak buatku sport nungging eh nanggung.
Performa Mesin…
Untuk performa aku copas dari Bro Giri, maaf bro gak ijinnya disini aja ya…
“Klaim, Kawasaki gangsingan mesin mencapai 13ribu rpm. Namun, ini pun bisa dilampaui dengan mengganti beberapa komponen. Cocok bagi speedgoers (penggemar kecepatan). Percepatan 6 speed amat memuaskan adrenalin. Sebelumnya motor sport 4 tak di Indonesia yang dibekali percepatan 6 speed hanya Tiger dari Honda.
Meski masih mengandalkan pemasok bahan bakar jenis karburator namun seperti pendahulunya, Kawasaki Ninja 150 RR, diklaim mampu menyemburkan tenaga 33 dk. Tenaga besar namun tetap irit bahan bakar. Ini berkat karburator CVK 30. Exhaust sistem 2-1. Maksudnya dari tiap silinder terdapat dua keluaran yang digabung menjadi satu. Tenaga yang smooth, terasa diputaran bawah hingga menengah. Dibekali catalyc converter untuk mendukung program langit biru. Meskipun demikian, tetap bertenaga dan rendah emisi, emisi gas buang maupun emisi suara.
Alasan sederhana mengapa tidak memakai injeksi dikarenakan bahan bakar di Indonesia kurang mendukung untuk hal itu. Berbeda halnya dengan Eropa yang mau tidak mau, harus memakai injeksi untuk mendukung regulasi Euro 3.
Kepiawaian tenaga ahli Kawasaki dalam mendesain frame model berlian berpengaruh pada center of gravity sehingga memudahkan pengendalian. Kehandalan pihak R & D sudah terbukti pada ZX 130, Baby Ninja. Tidak salah bila Ninja yang ini sedikit lebih tinggi julukannya, yaitu Ninja Junior. Meski kapasitas mungil namun tetap bertenaga.”
Kurang lebih ya seperti itu juga yang aku rasakan… (ojok dikon ngitung performa aku yo ra ngerti babar blazz)
Klo dari yang saya rasakan sih… putaran awal sangat mengagetkan ubun2, sampai pada putaran tengah dan atas tenaga sangat merata aku rasakan.
Beda dengan Tiger yang sama2 sampai 6 gear, gear ke enam N250 masih terasa efek nendang nya, klo di Tiger gear 6, seperti halnya pada Mongtor2 4 tax yang lain gigi terakhir hanya untuk membantu agar desingan mesin tidak terlalu menjerit.
Jangan anda tanyakan Topspeed, lha gimana gas belum mentok hati ma nyali udah ndrangdapan, yah selama ini standar lah aku tarik 60-50 segitu juga udah cukup memacu andrenalin aku bilang cukup untuk sisa angka spedo Xixixixiiiii pokoknya bagi aku yang belum pernah make R1 and more, satu2nya performa mongtor yang bias ngalahin ini yah Cuma performa R6, Tanya Ken-Napa? Ya karena baru R6 aja yang pernah aku coba yang lainnya gak tau jd mesti ngomong gimana… 😆
Konsumsi BBM…
Wuidih lagi2 hanya bermodalkan Asa, rasa dan karsa… tes terakhir aku pake luar kota mudik lebaran kemarin total km +/- 600 km, aku ngeluarin buget sampai dengan 120 ribu (pertamak 6200) = 19.3 liter… dengan asumsi milage = 1:31 kpl, ehm lumayan irituntukmongtor cc gede dan twin silinder pula. Ditambadengan tampilanyan wah, boros dikit kayaknya yang penting gaya…
Kenyamanan & Prestige ….
Yak lo bicara kenyamananyahbeda banget ama Tirev bro, genrenya juga udah beda TIREV mongtor sport touring N250 sport tulen (nangung). Mau di bilang stantinggi nyatanyajuga masih nunduk, lhawonkemaen mudik belum antistang ajauda peel bangt kayak ngegendong orok sapapanjang jalan wuih…encok rek… tapi masalah kenyamanan iniberbanding terbalik dengan masalah prestige. Dengan helm yang sama yang aku pake pada saat menggunakan Vixy pas naik N250 tuh helm kenapa jadi kenceng yah klo basa sunda mah sureug jowone seret bro… bhuahahahahaaaa… secara jadi besar kepala….
Ubahan yang udah aku lakukan…
Gak lebih dari ngganti stang jepit, ama senalpot yosingmurah tenan…. Paling juga sector kaki kaki pake bannya yang nggigit di jalan biar pede di ajak tiduran di jalan….
Dari bro Eddy memberi sedikit masukan yang sangat berguna yaitu menyarankan menggunakan Pelindung Fueltank (sudah baru kemarin dipasang), yang kedua pemasangan pelindung mesin ma radiator dari cipratan air hujan dari front tire.. (blm bro he..he..), saran yang ketiga mengganti atau mengcustom Arm belakang model R1 (wah masih jauh duwe’;e belum ada bro)
Kesimpulan…
Wah banget buat gue nih motor secara, kemampuan gue Cuma segitu-gitunya. Mau ngimpiin R1, ZX 100 atau anak gajah juga ibarat pungguk merindukan bulan, make taste itally semacam nDucati atau Aprillia juga hamper kayak baruklinting meluk gunung. Nah klo yang satu ini boleh lah dikatakan kejatuhan bulan, mimpi yang sempat tertunda dan akhirnya menjelma jadi kenyataan.. dream come true klo kata orang sono bilang….
Dan akhirnya dari ketiga mongtor yang udah aku uraikan dari atas mongtor ini yang membuat aku merem-melek diatasnya, dan tanpa mengurangi rasa sayangku kepada dua mongtor sport sebelumnya kalian tetap sahabat terbaikku… lowe you all jadi Madu tiga tapi saying Tirev telah pergi mendahului kita semua….
Tar habis ini ada lagi gimana aku mandang meong putih temen sehari2 bunda dari anakku…..
26 komentar
Comments feed for this article
04/11/2009 pada 2:36 am
A seen
Wah sekali-nya podium nih semoga aku cepet bisa boyong ninin kaya nyang punya warung
04/11/2009 pada 3:07 am
1001nickname YaKemalJuga
@ A Seen….
alhamdulillah itu juga mas mimpi yang sempat tertunda setahun lebih.. Xixixixiiiii…..
mas aku suka bonsai juga, tapi bingung ngebentuknya…
04/11/2009 pada 3:23 am
xsal
enak neeh buat bonceng miyabi……
04/11/2009 pada 5:58 am
1001nickname YaKemalJuga
dasar corong Miyabi…
04/11/2009 pada 5:27 am
rukzolanganz
weis keren abis nehhh like it kapan ya gw punya kuda seperti itu 😀
04/11/2009 pada 5:28 am
A seen
@ yg punya warung
gampang bro, tinggal dipotong-potong kalau kepanjangan, modelnya lihat pohon asli, kita amati bentuk dan modelnya, lalu kita aplikasikan bentuknya ke dalam bonsai bakal, diarahkan pertumbuhan rantingnya pake lilitan kawat, anggaplah bonsai ini sebuah pohon besar punya dahan ranting dan daun ada keseimbangan antar jumlah akar batang dan daun, pokoknya seperti pohon besar cuman ukurannya mini.
yang paling penting bonsai ini harus kita cintai mirip si ninin 250 yang tiap pagi harus di lap & dipanasin. (maaf blogku belum terurus secara benar, maklum amatiran.
04/11/2009 pada 5:57 am
1001nickname YaKemalJuga
boleh di coba, dirumah ada bakal bonsai dari pohon2 yang masih umum seperti kembang kertas (bougenvile), kamboja jepang, ada juga beringin… langsung dipraktekkan… matur nuwun infonya mas…
04/11/2009 pada 5:42 am
A seen
ini arti nama vixion sampean
Sesuatu yang diahiri ion biasanya sesuatu yang perkasa cenderung menguasai.
Lion=perkasa kuat tapi tidak gagah menguasai seluruh hutan
zion=sebhuah bukit yang menjadi simbul kekuasaan Yahudi
Orion=awalnya simbul kekuasaan benda langit, namun pd ahirnya menjadi sebuah nama plaza yang begitu terkenal di negeri ini
Vixion=jadilah dia penguasa motor sport.
kakakakakakaka
04/11/2009 pada 6:01 am
1001nickname YaKemalJuga
jan ngawur tenan nek iki…
04/11/2009 pada 7:22 am
mario_devan
nice motor…..sayang masih lum mampu bwt beli….
04/11/2009 pada 7:52 am
Taufik
“alasan sederhana mengapa tidak memakai injeksi dikarenakan bahan bakar di Indonesia kurang mendukung untuk hal itu”
he he he aku pikir ada lagi alasan yang paling mendasar sebagai alasan KMI pilih karbu untuk N250R yakni . . .
1. HARGA
bro bisa cek sendiri, kalo nggak salah margin antara versi Karbu dan versi Injeksi lumayan banget cmiiw
2. Persepsi Biker Indonsia Kepada tipe Injeksi
seperti yang pernah saya tulis d :
http://ninja250r.wordpress.com/2009/10/20/menilik-kesuksesan-v-ixion-apakah-injeksi-sudah-mulai-dapat-diterima/
Walau sistem Injeksi easy maintenance, membuat konsumsi bbm hemat dan RAMAH LINGKUNGAN akan tetapi untuk pasar negeri kita ini menurut beberapa praktisi Marketing, Imbas lain dari karakter Short term Prespective adalah Konsumen kurang menghargai faktor dampak lingkungan sebagai faktor dalam memilih produk. dan persepsi lawas bahwa agar semua bengkel tepi jalan sekalipun bisa mengatasi bila ada masalah mesin atau dengan alasan Karburator lebih mudah diseting dlsb
cmiiw
04/11/2009 pada 9:46 am
1001nickname YaKemalJuga
betul juga kang, tapi saya lebih tertarik karena faktor harga tadi kemungkinan terbesarnya. biar lebih diterima oleh pasar indonesia tentunya.
04/11/2009 pada 8:30 am
A Seen
@ yang punya warung
Kalau sampean “mohon maaf” orang Islam, karena kebetukan saya orang islam, biasanya dalam Islam ada thariqah,(ajaran supaya Khusyu beribadah) namanya macam-macam, ada Sathariah, ada Qadiriah, ada Iluwiyah, ada Naqsabandiah
nah saya punya aliran tersendiri namanya Thariqah ngawuriah.
lalalalal akakakak
“maaf bukan bermaksud menistakan agama, hanya aneksasi”
04/11/2009 pada 9:49 am
1001nickname YaKemalJuga
makdu’e opo ki mas aku gak ngerti, ijik ngomongi bonsai opo ora…
04/11/2009 pada 11:34 am
hmmz
maksude ki le “ngawur” nganti “khusyuk” tenan bro…
hehe still ngimpi modip stang jepit under y bro?
sm nih cs1 ku mow gnt stang jepit sonic tp tetep pk fairing asli byk bgt korbannya…hiks
04/11/2009 pada 12:12 pm
1001nickname YaKemalJuga
klo ini baru ngawur tenan, ya udah lepas aja batok kepalanya.. berezzz…
04/11/2009 pada 4:33 pm
hmmz
seni nya d situ e pakdhe….
floating fairing + cbr look….cm stang bebeknya sangat2 mengganggu pemandangan, cuih2..!!!
05/11/2009 pada 3:53 am
1001nickname YaKemalJuga
klo aku ndak salah setang sonic kan mengarah kayak bentuk FU gitu ya… lho mau ndak mau Fairing di obok-obok puoll lha nanti piye spedo deelelnya, bikin dudukan baru solusinya…
05/11/2009 pada 5:26 pm
hmmz
iya mirip FU bro…yg jd mslh tu segitiga atasnya mentok sm fairing atas (fairingnya ketinggian g ky cbr yg posisinya d bwh segi3ne) trus mslh laen emg bnr speedonya tuh kegedean jd hrs cr ahli bqn fiber/pelat wat ngrapiin tu speedo&fairing atas…lbh oke lg plat dipndh bwh batok lampu trus dudukan plat atas dipsgin spion bqnan dewe model ala ducati 848 wew ajib..tp syg msh sebatas mimpi,gr2 salah bengkel tahun lalu sebagian modal modip uda ilang sia2…msh menabung lg
05/11/2009 pada 9:55 pm
1001nickname YaKemalJuga
yo wes selamat berjuang, yen berhasil anda akan mendapatkan kepuasan yang tiada tara. kerja keras akan terbayar… semangat bro.. aku juga lagi semangat tetep keukeuh pingin stang dibawah yoke…
11/11/2009 pada 8:50 pm
sabdho guparman
lagi iso ngimpi aku mas numpak montor iki . . . .
jos gandhos tenan .
kalau kata bapaku ” ono rego ono rupo ”
iku memang gak bohong .
er6-n gimana kabarnya mas?
keep brotherhood,
salam,
12/11/2009 pada 8:54 am
1001nickname_ (Jarwo_WasGone)
Er-6-n nek iku aku ngimpi ae ora wani mas, pertama jelas soko sisi rego ora mungkin adoh soko awang-awang. pindo model naked kyo’e aku gak berani korban uang banyak untuk naked…
20/11/2009 pada 4:28 pm
sabdho guparman
OOOO. . .
mekaten tho mas. . . .
mung lagi iso ngimpi aku iso numpak ninja 250r. . .
keep brotherhood,
salam,
14/11/2009 pada 6:20 am
fraziel
*Drooling*
Hiks
18/11/2009 pada 5:28 pm
Ocky Tamtelahitu
Motor dan tulisannya keren mas,
Salam..
26/06/2013 pada 1:42 am
methalanoo
Saya sangat berterimah kasih banyak kepada PAK MANDALA atas bantuannya saya bisa menang togel, saya benar2 tidak percaya dan hampir pingsan karna angka yang di berikan beliau ternyata tembus. awalnya saya cuma coba2 menelpon, saya bilang saya terlantar di daerah Malaysia. kerja sebagai TKI dan tidak ada ongkos pulang, mulanya saya ragu tapi dengan penuh harapan saya pasangin kali 100 lembar dan ALHAMDULILLAH berhasil. sekali lagi makasih banyak ya PAK… dan saya tidak akan pernah lupa bantuan dan kebaikan PAK MANDALA. kepada saudara yang ingin merubah nasibnya seperti saya silahkan Hub 0823″4898″5714 PAK MANDALA. Demikian kisah nyata dari saya dan ini tanpa rekayasa. INGAT. kesempatan tidak akan pernah datang Yang ke.(2).kalinya…!